Sabtu, 09 Februari 2013

Kualifikasi Piala Asia 2015: Irak vs Indonesia


Kapten tim nasional Irak, Younis Mahmoud mengantarkan negaranya meraih kemenangan pertama di Grup C Pra Piala Asia 2015. Gol tunggalnya pada menit ke-65 membawa Singa Mesopotamia- julukan Timnas Irak menang 1-0 atas Timnas Indonesia pada pertandingan yang
dilangsungkan di Al-Rashid Stadium, Dubai, Uni Emirat Arab, Rabu
(6/2/2013).
Sepanjang pertandingan Irak mengurung pertahanan Indonesia. Andik Vermansyah dkk hanya sesekali memberikan perlawanan melalui serangan balik yang disusun dengan mengandalkan kecepatan para pemain.
Skuad asuhan Hakeem Sakir mendapatkan peluang pada menit ke-14, gawang Indonesia hampir jebol ketika penjaga gawang Endra Prasetya gagal mengantisipasi bola atas, beruntung tandukan pemain Irak masih melenceng dari sasaran.
Selang sepuluh menit kemudian, Irak berhasil mencetak gol ke gawang Endra melalui tendangan bebas Ali Adnan. Namun gol tersebut akhirnya dianulir karena ada salah satu pemain Irak yang terjebak dalam posisi offside.
Pada babak pertama Irak terus mengurung dan menekan pertahanan skuat asuhan Nil Maizar namun disiplinnya pertahanan Indonesia membuat kedudukan imbang tanpa gol tetap bertahan hingga jeda pertandingan.
Memasuki babak kedua, Hakeem Sakir menginstruksikan kepada para pemain untuk meningkatkan intensitas serangan. Kedua gelandang sayap Irak, tampil menekan dengan mengirimkan umpan-umpan matang kepada Younis Mahmoud dan Humam Tariq.
Tetapi pertahanan Indonesia yang dikawal oleh Wahyu Wijiastanto dan Handi Ramdhan bermain disiplin dalam menghalau serangan.
Petaka bagi Timnas Indonesia terjadi pada menit ke-65, kapten timnas Irak, Younis Mahmoud berhasil mencetak gol. Gol tersebut bermula dari kesalahan Handi Ramdhan yang salah memberikan operan bola kepada Wahyu Wijiastanto. Salah satu penyerang terbaik di Asia itu berhasil mendapatkan bola kemudian melakukan akselerasi ke pertahanan timnas Indonesia.
Younis mampu memperlihatkan kemampuannya dengan melewati hadangan Wahyu Wijiastanto kemudian menceploskan bola ke gawang Timnas Indonesia yang dikawal oleh Endra Prasetya.
Indonesia mendapatkan kesempatan untuk membalas melalui aksi Vendry Mofu pada menit ke-81. Pemain yang bermain di klub Semen Padang itu menendang bola dari luar kotak penalti, sayang bola hasil tendangannya mampu diselamatkan penjaga gawang, Noor Avvas.
Sampai pertandingan berakhir skor masih untuk keunggulan Irak 1-0. Kemenangan ini mengantarkan Younis Mahmoud dkk untuk sementara berada di peringkat pertama Grup C Pra Piala Asia 2015 dengan poin 3. Hasil ini merupakan hasil terbaik dari pertandingan-pertandingan lainnya yang dihelat oleh negara-negara di Asia Tenggara. Indonesia mampu menahan negara sekelas Irak hanya dengan kalah 1-0, itu merupakan hasil yang cukup bagus. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar